Rabu, 04 November 2009

Virtual hosts

Default documentroot untuk Apache di Slackware Linux adalah /var/www/htdocs. Tanpa menggunakan virtual hosts setiap klien yang terhubung ke server Apache akan menerima situs web dalam direktori ini. Jadi, jika kita mempunyai dua nama host yang menunjuk ke server “www.example.org” dan “forum.example.org”, keduanya akan menampilkan situs web yang sama. Anda dapat membuat situs terpisah untuk nama host yang berbeda dengan menggunakan virtual hosts.
Dalam contoh ini kita akan melihat bagaimana membuat dua virtual host, satu untuk “www.example.org”, dengan documentroot /var/www/htdocs-www, dan “forum.example.org”, dengan documentroot /var/www/htdocs-forum. Petama-tama kita harus menentukan Apache harus mendengarkan (listen) di alamat IP mana. Di suatu bagian di berkas konfigurasi /etc/apache/httpd.conf Anda akan menemukan baris:
#NameVirtualHost *:80



Baris ini harus dihilangkan tanda komentarnya untuk bisa menggunakan name-based virtual hosts. Hapus komentar karakter (#) dan ganti parameternya ke “BindAddress IP:port”, atau “BindAddress *:port” jika Anda ingin mem-bind Apache ke semua alamat IP yang dipunyai host. Seandainya kita ingin menyediakan virtual host untuk alamat IP 192.168.1.201 port 80 (default port dari Apache), kita harus mengganti barisnya menjadi:
NameVirtualHost 192.168.1.201:80
Disuatu bagian dibawah baris NameVirtualHost Anda dapat menemukan contoh virtual host yang ditandai komentar karakter (#) :
#
# ServerAdmin webmaster@dummy-host.example.com
# DocumentRoot /www/docs/dummy-host.example.com
# ServerName dummy-host.example.com
# ErrorLog logs/dummy-host.example.com-error_log
# CustomLog logs/dummy-host.example.com-access_log common
#

Anda dapat menggunakan contoh ini sebagai pedoman. Sebagai contoh, jika kita ingin menggunakan semua nilai default, dan kita ingin menulis log-log dari kedua virtual host ke default log Apache, kita dapat menambahkan baris ini:

DocumentRoot /var/www/htdocs-www
ServerName www.example.org



DocumentRoot /var/www/htdocs-forum
ServerName forum.example.org

0 komentar:

Posting Komentar